Penulis / NIM
EVI MARSUKI / 911411169
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ZUCHRI ABDUSSAMAD, S.I.K, M.Si / 0016026604
Pembimbing 2 / NIDN
IVAN RAHMAD SANTOSO, SE.I, MSI / 0002098302
Abstrak
ABSTRAK
Evi, Marsuki. 2015. Hubungan antara Kemampuan Siswa dalam Mengelola Emosi dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 1 Batudaa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Zuchri Abdussamad.,M.Si dan Ivan R. Santoso,SEI.,M.Si. selaku Pembimbing II. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Hubungan antara Kemampuan Siswa dalam Mengelola Emosi dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 1 Batudaa? Penelitian ini bertujan untuk mengetahui Hubungan antara Kemampuan Siswa dalam Mengelola Emosi dengan motivasi belajar siswa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Tekhnik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik observasi dan angket sebagai instrumen utama. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi untuk mengetahui hubungan antara kemampuan siswa dalam mengelola emosi dengan motivasi belajar siswa. Indikator variabel X (Mengelola Emosi) adalah emosi positif dan emosi negatif, sedangkan indikator variabel Y (Motivasi Belajar) adalah hasrat dan keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita-cita masa depan, penghargaan dalam belajar, kegiatan yang menarik dalam belajar dan lingkungan belajar yang kondusif. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan mengelola emosi memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan motivasi belajar siswa. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan mengelola emosi dengan motivasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Batudaa. Tingkat keeratan hubungan antara kemampuan mengelola emosi dengan motivasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Batudaa adalah kuat, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi antara kemampuan mengelola emosi dengan motivasi belajar sebesar 0,657 atau sebesar 66 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil uji koefisien korelasi yang telah dianalisis, dimana Ho ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, hipotesis peneliltian yang berbunyi: terdapat Hubungan antara Kemampuan Siswa dalam Mengelola Emosi dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo dinyatakan diterima.
Kata Kunci: Kemampuan Mengelola Emosi, Motivasi Belajar.
ABSTRACK
Evi, Marsuki. 2015. The Relationship between Students' Ability in Managing Emotion and Students' Learning Motivation at Class XI Accounting at SMK Negeri 1 Batudaa. Skripsi. Department of Economics Education, Faculty of economics and Business, State University of Gorontalo. The problem statement of this research was is there are any relationship between students' ability in managing emotion and Students' learning motivation at class XI accounting at SMK Negeri 1 Batudaa? The research aimed at investigating the relationship between students' ability in managing emotion and students' learning motivation at class XI accounting at SMK Negeri 1 Batudaa. The techniques of data collection were observation and questionnaire as the main instrument. The technique of data analysis was correlation analysis to investigate the relationship between students' ability in managing emotion and students' learning motivation. The indicators of variable X (Managing Emotion) were positive emotion and negative emotion, while the indicators of variable Y (Learning Motivation) were desire and willing to success, support and requirement in learning, expectation and goal, reward in studying, interesting activity in learning and condusive learning environment. Based on the research result and measurement, it can be concluded that the ability in managing emotion had strong relationship with students' learning motivation. There was a positive and significant relationship between ability in managing emotion and students' learning motivation at class XI accounting at SMK Negeri 1 Batudaa. The level of relationship between ability in managing emotion and students' learning motivation at class XI accounting at SMK Negeri 1 Batudaa was strong. It was proved by the value of correlation coefficient between ability in managing emotion and students' learning motivation was 0,657 or 66%. Thus, Ho was rejected and H1 was accepted. Therefore, the research hypothesis stated: there was relationship between students' ability in managing emotion and learning motivation was accepted.
Keywords: Ability in Managing Emotion, Learning Motivation
Download berkas