Penulis / NIM
ALIYA MUSA / 911411175
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Aliya Musa. 911 411 175. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas X-1 Di SMA Negeri 1 Telaga Biru. Skripsi. Prodi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo 2015. Pembimbing 1 Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan pembimbing II Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-1 di SMA Negeri 1 Telaga Biru pada mata pelajaran IPS ? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-1 di SMA Negeri 1 Telaga Biru pada mata pelajaran IPS dengan meenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE).
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali siklus, dan dianalisis secara statistik dengan menggunakan pendekatan presentasi. Hasil analisis pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dikenai tindakan yakni 29 siswa terdapat 22 siswa atau 75,86% yang memperoleh nilai 75 ke atas, sedangkan 7 siswa atau 24,14% memperoleh nilai di bawah 75. Presentasi ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 27 dari 29 siswa atau 89,66%% dinyatakan tuntas belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-1 di SMA Negeri 1 Telaga Biru pada mata pelajaran IPS. Dan dapat dijadikan sebagai salah satu allternatif dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi : "Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran IPS kelas X-1 Di SMA Negeri 1 Telaga Biru maka hasil belajar siswa meningkat", dinyatakan diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran SFAE
Download berkas