Penulis / NIM
ASRIN KAMUDI / 911411176
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK
Asrin Kamudi. NIM.911411176. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X6 SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Skripsi, Prodi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina Popoi.,S.Pd, M.Pd. dan pembimbing II Hj. Irawati Abdul.,SE.,M.Si
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping pada mata pelajaran Ekonomi. Mind Mapping merupakan salah satu keterampilan paling efektif dalam proses berfikir kreatif, pembuatan peta konsep dilakukan dengan membuat suatu sajian visual atau suatu diagram tentang bagaimana ide-ide penting atau suatu topik tertentu dihubungkan satu sama lain.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran tipe Mind Mapping yang dibagi dalam dua siklus. Hasil analisis pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa yang dikenai tindakan yaitu 28 siswa terdapat 21 siswa (75%) yang memperoleh nilai 75 keatas, sedangkan 7 siswa (25%) memperoleh nilai 75 kebawah. Presentasi ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 26 dari 28 siswa (92,86%) dinyatakan tuntas belajar.
Simpulan penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo, dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Mind Mapping
Download berkas