Penulis / NIM
RIZAL ISHAK / 911411180
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Rizal Ishak. NIM : 911 411 180. Penggunaan Model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIIIB pada mata pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolanggo''. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo 2015. Di bawah bimbingan Ibu Dra. Salma Bowtha.,M.Pd , dan Bapak Mr. Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Guru dengan Menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di Kelas VIIIB SMP Negeri I Botupingge Kabupaten Bone Bolango khususnya pada mata pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolanggo melalui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Botupingge Kabupaten Bone Bolango tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 62,5% menjadi 91,6% atau rata-rata kelas 74,16 pada siklus I menjadi 81,25 pada siklus II. Sehingga hipotesis yang berbunyi "Jika guru dalam Proses belajar mengajar menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Botupingge Kabupaten Bone Bolango akan meningkat", dinyatakan dapat diterima.
Model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa, oleh sebab itu guru perlu menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dalam kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Hasil Belajar dan Quantum Teaching.
Download berkas