Penulis / NIM
SORAYA ABDUL / 911411184
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MAHA ATMA KADJI, M.Si / 0013016605
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
SORAYA ABDUL. NIM.911411184. 2015. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Telaga Biru. Skripsi. Konsentrasi Perkantoran. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs.Maha Atma Kadji.,M.Si, dan Pembimbing II Roy Hasiru.,S.Pd.,M.Pd.
Pelaksanaan penelitian didasarkan pada identifikasi masalah yaitu Rendahnya hasil belajar siswa, Proses pembelajaran yang ada belum memberikan pengalaman bagi siswa, Guru belum berupaya menumbuh kembangkan Motivasi siswa, Waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran belum efektif dan efisien.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-IPS 1 di SMA Negeri 1 Telaga Biru?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (TPS) dengan penggunaan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) yang dilaksanakan dalam II siklus . Dalam pelaksanaan tindakan peneliti dan guru mitra bermusyawarah agar penelitian ini berjalan dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak II siklus maka dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa pada siklus I dari 31 siswa kelas XI IPS1 yang memperoleh nilai >75 sebanyak 17 siswa (54.83%) sedangkan yang meperoleh nilai 75 sebanyak 27 siswa(87.10%), sedangkan yang memperoleh nilai
Download berkas