Penulis / NIM
ARIYANTO SUPU / 911411187
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Abstrak
ABSTRAK
Ariyanto Supu 2016. 2011 Nim 911411187 "Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango ". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo di Bawah Bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, M.Pd. dan Tineke Wolok, ST., MM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa di SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan sumber data primer siswa, guru, kepala sekolah, dan sumber data sekunder berupa daftar hadir siswa, profil sekolah dan profil perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber balajar siswa SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan informasi, pemanfaatan koleksi buku-buku di perpustakaan sekolah yang digunakan dalam mendukung kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar
ABSTRACT
Ariyanto Supu, 2016 Student ID. 911411187. "The Utilization of School Library as Learning Source for Students at SMP Negeri 1 Tilongkabila, Bone Bolango District." Bachelor Study Program of Economics Education, Department of Economics Education, Faculty of Economics, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Irina Popoi, M.Pd. and Co-supervisor is Tineke Wolok, ST., MM.
This research aims at investigating the utilization of school library as learning source for students at SMP Negeri 1 Tilongkabila, Bone Bolango District.
It applies qualitative method. Data sources are primary data; student, teacher, and school principal, and secondary data; student's attendance list, school profile, and library profile. Techniques of data collection are observation, interview, and documentation.
Research finding reveals that the utilization of school library as learning source fos students at SMP Negeri 1Tilongkabila, Bone Bolango District is for the fulfillment of information needs. Books collection at the library are used to support teaching and learning activity.
Keywords: School Library, Learning Source
Download berkas