Penulis / NIM
MUHAMAD ANDRI BASALAMA / 911412001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
MUHAMAD ANDRI BASALAMA. Nim 911 412 001. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Problem Based Leraning Pada Mata Pelajaran ekonomi Sma Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo" Skripsi.Kosentrasi Pendidikan akuntansi program studi Pendidikan Ekonomi jurusan Pendidikan Ekonomi ,Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing II Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si dan pembimbing I Dra. Hj. Salma Bowtha., M.Pd
Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah Apakah guru dalam pembelajaran ekonomi dengan menggunakan Model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS1 di SMA Negeri 1 Tapa Provinsi Gorontalo.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan didasarkan pada hasil survey yang telah dilaksanakan oleh peneliti pada bulan Juni 2015 dengan subyek penelitian dikelas XI IPS1 berjumlah 26 orang laki-laki 15 orang, perempuan 11 orang. Variabel penelitian terdiri variabel input, proses dan output. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, analisis dan refleksi.Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk mengamati kegiatan guru dan siswa, serta lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas belajar siswa serta data hasil belajar siswa.
Sebagai kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: jika guru mengajar menggunakan model problem based learning pada pembelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Tapa hasil belajar siswa akan meningkat. Dapat diterima karena didukung dengan hasil belajar siswa yang meningkat pada tahap observasi awal hasil belajar hanya 30,77 % setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 57,70 % dan meningkat lagi setelah dilakukan siklus II menjadi 80,77 %.
Kata kunci:Hasil Belajar Siswa dan Model problem based leraning.
Download berkas