Penulis / NIM
MIFTAH NURUNNISA MANAHUNG / 911412004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Miftah N. Manahung, 911412004. Skripsi "Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Sisa Kelas X di SMA Prasetya Gorontalo" Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Dibawah Bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Rustam Tohopi, S.Pd,M.Si selaku Pembimbing II.
Tujuan penelitian: untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Prasetya Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 50 orang siswa. Populasi pada penelitian ini dilakukan dengan penarikan sampel menurut Arikunto (2006) yakni apabila subjek kurang dari seratus lebih baik diambil semua. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket/kuesioner sebanyak 40 pertanyaan yang terdistribusi 20 pertanyaan untuk indikator kompetensi profesional guru dan 20 pertanyaan sesuai indikator motivasi belajar siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi dan untuk mengukur tingkat signifikansi dan linieritas persamaan regresi dengan menggunakan rumus uji linieritas.
Hasil penelitian dengan analisis persamaan regresi =62,444-0,067X+ menunjukkan bahwa nilai konstanta sebesar 62,444 ini berarti bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar siswa. Peningkatan profesional guru justru diikuti dengan penurunan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas