Penulis / NIM
NOVIANTI / 911412010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
HAIS DAMA, SE, M.Si / 0005037306
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK
Novianti. 911412010. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X SMA Negeri 1 Telaga Biru Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Dibawah Bimbingan Bapak Hais Dama, SE, M.Si selaku Pembimbing I dan Ibu Sri Indriyani S Dai, SE, ME selaku Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X SMA Negeri 1 Telaga Biru Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif, dengan menggunakan statistik uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan antara Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa adalah = 21,14 + 0,625 X, model regresi ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu skor pengelolaan kelas akan diikuti oleh peningkatan skor motivasi belajar siswa sebesar 0,625 unit pada konstanta 21,14. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis yakni pengujian terhadap koefisien regresi dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 7,789 â ttabel = 1,670, maka H0 ditolak (Ha diterima), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X SMA Negeri 1 Telaga Biru Gorontalo.
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas