Penulis / NIM
YUNITA MAHAJANI / 911412011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK
YunitaMahajani. 911 412 011. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Inquiry pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Di Kelas X ATPH SMK Gotong Royong Telaga. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Ibu Sri Indriyani S Dai, SE, ME
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewira usahaan melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inquiry di kelas X ATPH SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan yakni metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yakni menggunakan uji paired sample t test yakni pada hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inquiry.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dikemukakan kesimpulan sebagai berikut "Hasil Belajar Siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) tidak sama nilainya dengan Hasil belajar siswa yang menggunakan model Inquiry dikelas X ATPH SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo, yang jika dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengunakan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi nilainya yaitu 83,67 dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu 79,62
Kata Kunci: Problem Based Learning, Inquiry, Hasil Belajar
Download berkas