Penulis / NIM
NINING BOKIU / 911412013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Nining Bokiu. 911412013. "Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo". Skripsi Prodi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo 2016. Pembimbing 1 Ibu Dra. Irina Popoi, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Kabila dengan menggunakan model pembelajaran Time Token Arends pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali siklus. Teknik analisis datanya adalah deskriptif presentasi. Hasil analisis pada siklus I menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dikenai tindakan yakni 25 siswa tersapat 12 siswa atau 48% yang memperoleh nilai 78 ke atas, sedangkan 13 siswa atau 52% merupakan nilai dibawah 78. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 21 dari 25 siswa atau 84% dinyatakan tuntas belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIF di SMP Negeri 1 Kabila pada mata pelajaran IPS Terpadu dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternative dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi:" jika guru menerapkan Model pembelajaran Time Token Arends maka hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS Terpadu di kelasVIIIF SMP Negeri 1 Kabila" akan mengalami peningkatan hasil belajar siswa", dinyatakan diterima.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends
Download berkas