SKRIPSI

Penulis / NIM
HASNI / 911412018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstrak
ABSTRAK Hasni. NIM.911412018. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Paire Share Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-4 SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Prodi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina Popoi, M.Pd dan pembimbing II Fitri Hadi Yulia Akib, SE.,ME. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share . Think paire share merupakan metode diskusi berpasangan. Dengan model ini siswa dilatih bagaimana mengutarakan pendapat dan siswa juga belajar menghargai pendapat orang lain dengan tetap mengacu pada materi/tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yang dibagi dalam dua siklus. Hasil analisis pada siklus I yaitu menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa yang dikenai tindakan yaitu 30 orang siswa terdapat 17 orang siswa (56,67%) yang memperoleh nilai 80 keatas, sedangkan 13 siswa (43,33%) memperoleh nilai 80 kebawah. presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 26 siswa (86,67%) dari 30 siswa dinyatakan tuntas belajar. Simpulan penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, dan dapat di jadikan sebagai salah satu alternatif dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. kata kunci: Hasil belajar siswa, Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011