Penulis / NIM
SITI NANING MUSTAPA / 911412021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
HERWIN MOPANGGA, SE, M.Si / 0024037803
Abstrak
ii
ABSTRAK
Siti Naning Mustapa, 911 412 021 "Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo" Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Pembimbing I Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Bapak Herwin Mopangga, SE, M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket/kuesioner sebanyak 46 pertanyaan yang terdistribusi 23 pertanyaan untuk indikator kompetensi pedagogik guru dan 23 pertanyaan sesuai indikator aktivitas belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 229 siswa dan Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel yang diungkapkan oleh Arikunto (2010) yakni sebesar 30%. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 orang.
Hasil penelitian dengan analisis persamaan regresi linear sederhana = 38,21 + 0,582 X menunjukkan bahwa nilai konstanta sebesar 38,21 ini berarti bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa, dengan kata lain semakin tinggi nilai dari Kompetensi Pedagogoik Guru akan semakin berpengaruh terhadap Aktivitas Belajar Siswa
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru dan Aktivitas Belajar Siswa
Download berkas