Penulis / NIM
EKO LEONARDI / 911412026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Pembimbing 2 / NIDN
FITRI HADI YULIA AKIB, SE, ME / 0025078201
Abstrak
ABSTRAK
Eko Leonardi, NIM 911 412 026. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIIC SMP Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolango". Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Hj. Fitri Hadi Yulia Akib, SE, ME.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah "Apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIIC SMP Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Cooperative Script". Hipotesis penelitian adalah "Dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS Terpadu maka hasil belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Botupingge akan meningkat", dengan indikator Kinerja : Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil jika mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari 10 siswa atau 43% meningkat menjadi 85% telah mencapai batas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang di tetapkan untuk mata pelajaran IPS, yaitu 75.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolango, dengan objek penelitian adalah siswa kelas VIIC tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian ini berupa peningkatan hasil belajar siswa kelas VIIC yang memperoleh nilai 75 keatas pada mata pelajaran IPS Terpadu dari 47.83% menjadi minimal 85%.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 2 (dua) siklus, bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIIC SMP Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Hal ini dapat di lihat dari hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas dengan presentase (47,83%). Setelah dilakukan penyempurnaan pada siklus II telah mengalami peningkatan dengan presentase (86,96%) siswa yang tuntas. Sehingga penelitian ini dapat di terima.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS Terpadu, Model Cooperative Script.
Download berkas