SKRIPSI

Penulis / NIM
SUNARTI ISMAIL / 911412027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X-1 SMA NEGERI 1 ASPARAGA KABUPATEN GORONTALO ARTIKEL Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Meraih Gelar Sarjana Pendidikan OLEH SUNARTI ISMAIL NIM: 911 412 027 UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO FAKULTAS EKONOMI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN EKONOMI 2016 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X-1 SMA NEGERI 1 ASPARAGA KABUPATEN GORONTALO Sunarti Ismail, PEMBIMBING 1 Dra. Irina Popoi, M.Pd 2, PEMBIMBING 2 Drs. Rusli Isa, M.Si 3 PENDIDIKAN EKONOMI ABSTRAK Sunarti Ismail. 2016. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X-1 SMA Negeri 1 Asparaga Kabupaten Gorontalo " Skripsi. Kosentrasi Perkantoran Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Irina Popoi, M.Pd dan pembimbing II Drs. Rusli Isa, M.Si Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi pada mata pelajaran ekonomi di kelas X-1 SMA Negeri 1 Asparaga Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan jumlah siswa 30 orang, sebelum di kenai tindakan terdapat 19 siswa 63% belum tuntas. Dan setelah di kenai tindakan hasil analisis pada siklus I menunjukan bahwa hasil belajar siswa terdapat 14 siswa atau 47% dinyatakan Tuntas, sedangkan 16 siswa atau 53% Belum Tuntas. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 26 dari 30 siswa atau 87% dinyatakan meningkat dan siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan 4 orang siswa diadakan remedial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X-1 SMA Negeri 1 Asparaga. Dengan demikian hipotesis penelitian yag berbunyi:"Jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi pada mata pelajaran Ekonomi, maka hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Asparaga akan mengalami peningkatan" Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan model pembelajaran Tipe Artikulasi ABSTRACT Sunarti Ismail. 2016. "Increasing Students' Learning Achievement through The Application of Articulation Type of Cooperative Learning Model on Economics Subject at Grade X-1 Of SMA Negeri 1 Asparaga, Gorontalo District." Skripsi. Major of office, Study program of Economics Education, Departement of Economics Education, Faculty of Economics, State University Of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Irina Popoi, M. Pd and Co-supervisor is Drs. Rusli Isa, M. Si This research aims at increasing students' learning achievement trough the application of articulation of cooperative learning model in Economics Subject at Grade X-1 of SMA Negeri 1 Asparaga, Gorontalo District. Research method is classroom action research. Before treatment, there are 19 out of 30 students or 63%who are considered as not complete. After cycle I is conducted, 14 students or 47% are considered as complete while 16 students or 53% are not. Before continuing to cycle II, both completed and uncompleted students are assessed. After assessment is done, the research is continued to cycle II. The completeness percentage increase in cycle II where there are 26 out of 30 students or 87% who are categorized as complete and the rest 4 students are not. Based on findings and discussion, it can be concluded that the application of articulation of cooperative learning model can increase students' learning achievement in Economics Subject at Grade X-1 SMA Negeri 1 Asparaga, Gorontalo District. Thus, Research Hypotesis which states "if articulation type of cooperative learning model is applied in Economics subject, students' learning achievement at grade X-1 at SMA Negeri 1 Asparaga will increase," is accepted Keywords : Students' Learning Achievement and Articulation Type of Cooperative Learning Model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011