SKRIPSI

Penulis / NIM
HARTATI / 911412030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK Hartati. 2016. "Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Prakarya Dan Kewirausahaan di Kelas X TBP1 SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo" skripsi. Kosentrasi perkantoran program studi pendidikan ekonomi jurusan pendidikan ekonomi, fakultas ekonomi, universitas negeri gorontalo. Pembimbing I Ibu Meyko panigoro, S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Bapak Roy Hasiru, S.Pd. M.Si. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada bidang studi Prakarya dan Kewirausahaan di Kelas X TBP1 SMK Gotong Royong Telaga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal, hasil observasi awal menunjukan terdapat 14 siswa atau 63,64% memperoleh nilai dibawah 78, sedangkan 8 siswa atau 36,36% memperoleh nilai diatas 78. Kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali siklus. Hasil analisis pada siklus I menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dikenai tindakan yakni 22 siswa terdapat 9 siswa atau 40,90% yang memperoleh nilai 78 ke atas, sedangkan 13 siswa atau 59,09% merupakan nilai dibawah 78. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 18 dari 22 siswa atau 81,81% dinyatakan tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Prakarya dan kewirausahaan di kelas X TBP1 SMK Gotong Royong Telaga. Dengan demikian hipotesis penelitian yag berbunyi:"Jika diterapkan metode demonstrasi maka hasil belajar siswa pada bidang studi Prakarya dan kewirausahaan di kelas X TBP1 SMK Gotong Royong Telaga akan mengalami peningkatan", dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan penerapan metode demonstrasi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011