Penulis / NIM
SENDRAWATI DJAFAR / 911412034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Sendrawati Djafar, 911412034 "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Is Di SMA Negeri I Telaga Kabupaten Gorontalo" Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd dan Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag selaku Pembimbing II.
Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Is SMA Negeri I Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket/kuesioner sebanyak 30 pertanyaan yang terdistribusi 15 pertanyaan untuk indikator model pembelajaran problem based learning dan 15 pertanyaan sesuai indikator aktivitas belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel yang diungkapkan oleh Arikunto (2010) yakni sebesar 15%. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 orang. Hasil penelitian dengan analisis persamaan regresi linear sederhana = 62.88 + 0.456 X menunjukkan bahwa nilai konstanta sebesar 62.88 ini berarti bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa .
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Aktivitas Belajar Siswa
Download berkas