Penulis / NIM
MIRANTI PAPUTUNGAN / 911412039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Miranti Paputungan, 911412039 "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo" Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2017. Pembimbing I Dr.H Usman Moonti, M.Si dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo.
Hasil penelitian ini dengan variabel X yaitu model pembelajaran teams games tournaments dan variabel Y hasil belajar siswa dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 42 orang yang dimana sampel penelitiannya mengambil seluruh populasi yang berjumlah 42 orang. Hasilnya menunjukan bahwa model pembelajaran teams games tournaments dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,198 atau 19,8% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament, sedangkan sisanya sebesar 80,2% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dan Hasil Belajar Siswa.
Download berkas