Penulis / NIM
RIYANTI R. LARO / 911412051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Riyanti R. Laro, 911412051, Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMK Pariwisata Bubohu Kabupaten. Gorontalo, Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: "Seberapa besar pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di SMK Pariwisata Bubohu Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasi dengan jumlah sampel 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dan angket.
Sebagai kesimpulan dari penelitian adalah persamaan regresi yaitu = 20,82 + 0,62X. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X (kompetensi pedagogik guru), maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (motivasi belajar siswa) sebesar 0,62 dan ini berarti setiap terjadi perubahan pada indikator kompetensi pedagogik guru, maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata indikator motivasi belajar siswa di SMK Pariwisata Bubohu Kabupaten Gorontalo. (2) Pengujian linieritas persamaan regresi diperoleh harga Fhitung = 0.40 sedangkan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh Fdaftar = 2,77. Ternyata harga Fhitung lebih kecil dari harga Fdaftar, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi hasil perhitungan data penelitian itu berbentuk linier. (3) Hasil pengujian keberartian atau signifikan persamaan regresi diperoleh harga Fhitung = 14,81 dan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh harga Fdaftar = 4,20. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa. (4) kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 34,57% dan sisanya sebesar 65,43% dipengaruhi oleh variabel lain seperti lingkungan belajar siswa, penerapan kurikulum 2013, model pembelajaran dan lain sebagainya.
Kata Kunci :
Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar Siswa
Download berkas