Penulis / NIM
YULIANA / 911412060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Pembimbing 2 / NIDN
SRI INDRIYANI S DAI, SE, ME / 0024018402
Abstrak
ABSTRAK
Yuliana. Nim 911412060. "Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 11 Gorontalo" Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Dibawah Bimbingan Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Sri Indriyani, SE, ME selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rumusan masalah "Apakah terdapat pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS di SMP Negeri 11 Gorontalo?" adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS di SMP Negeri 11 Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu angket/kuesioner sebanyak 15 pertanyaan, dan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling, teknik penarikan sampel yang diungkapkan oleh Arikunto (2010) yakni sebesar 25%. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 orang.
Hasil penelitian ini mengunakan pengujian dengan persamaan regresi linear sederhana diperoleh = 54,64 + 0.47 X. Selanjutnya pengujian hipotesis dengan mengunakan uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel = 3,08 > 2,04. 3,08 menunjukkan pengaruh yang signifikan pennerapan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa dan 2,04 merupakan nilai ttabel didapatkan dari tabel nilai t dengan nilai probabilitas signifikasi 5%. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima berarti penerapan kurikulum 2013 berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS di SMP Negeri 11 Gorontalo.
Kata Kunci :Kurikulum 2013 dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas