SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI AYU RAHAYU R. SUMA / 911412070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK Sri Ayu Rahayu R. Suma. 2020. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Gorontalo di Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M. Si dan Pembimbing II Melizubaida Mahmud, S. Pd, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pegaruh lingkungan belajar terhadap prestasi siswa di SMA Negeri 2 Gorontalo. Desain penelitian mengguakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Linieritas, Homogenitas dan hasil Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri Gorontalo dengan analisis data besarnya pengaruh lingkungan belajar dibuktikan dengan nilai sebesar 0,210 atau 21%, sedangkan sisanya 79% dipengaruhi aspek lain seperti faktor kecerdasan, faktor kesehatan, faktor perhatian, faktor minat dan bakat dan lain sebagainya. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar dan berkorelasi positif, artinya kedua variable X dan Y berhubungan dan berpengaruh secara signifikan. Penelitian ini menyarankan kepada: (1) Sekolah, sebaiknya meningkatkan fasilitas belajar untuk menunjang prestasi belajar siswa. Selain itu juga sekolah bisa mengundang instruktur pendidikan yang berpengalaman agar siswa lebih bersemangat dalam meningkatkan prestasinya, (2) guru, sebaiknya menggunakan metode, model maupun media pembelajaran yang dapat merangsang Motivasi Belajar dan Minat Belajar sehingga proses belajar mengajar yang efektif dapat tercapai dengan baik, (3) Orang tua, diharapkan untuk memberikan perhatian penuh kepada anak dalam belajar dengan memberikan dorongan, membimbing dan membantu mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa, dan (4) peneliti, kepada peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti hal yang sama, agar dapat diperluas lagi dari segi obyek penelitiannya. Kata Kunci: Lingkungan, Prestasi dan Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011