SKRIPSI

Penulis / NIM
DEBY FITRIYANTI NAPU / 911412071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
FRAHMAWATI BUMULO, SE.,M.Si / 0031127801
Abstrak
ABSTRAK DEBY FITRIYANTI NAPU, 2016. Pengaruh Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di SMA Prasetya Gorontalo. Program Studi s1 Pendidikan Ekonomi, Kosentrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan ibu Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd dan Ibu Frahmawati Bumulo, SE, M.Si penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh peran guru dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh peran guru dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMA Prasetya Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linear sederhana, sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang siswa. Dari analisa data tersebut diperoleh persamaan regresi dan hipotesis Y=43,641+0,303X+, yang berarti setiap terjadi perubahan sebesar atau unit dari variabel X (peran guru dalam proses pembelajaran) maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (motivasi belajar siswa) sebesar rata-rata 0,303, dengan asumsi di tetapkan bahwa Fhitung6,932âFtabel 4,043. (6,932ࣘ,0430) Dengan demikian sesuai dengan pengujian dan dapat dikatakan bahwa persamaan regresi adalah linear dan dapat diterima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru mempunyai pengaruh yang positif atau signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, hendaknya guru mampu mengelolah pembelajaran serta memperhatikan faktor lain yang bisa mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa dalam menerima materi sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Kata kunci : Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011