Penulis / NIM
ARIFIN LAMATO / 911412072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Dra. Ha. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Abstrak
ABSTRAK
Arifin Lamato. 911 412 072. 2016. Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing (Tari Bambu) di kelas x1 sma negeri 1 Gorontalo Utara. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Ibu Dr. Sri Endang Saleh, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa di kelas X1 SMA Negeri 1 Goronalo Utara dalam pembelajaran ekonomi dapat ditingkakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperaif Tipe Bamboo Dancing (Tari Bambu) Tahun ajaran 2015-2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing (Tari Bambu), yang dibagi dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan empat kali pertemuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Bamboo Dancing (Tari Bambu) untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan Hasil Penelitian pada siklus 1diketahui bahwa hasil belajar siswameningkat walaupun masih ada kekurangan yang harus diperbaikimelalui refleksi. Sebelum ke siklus II dilakukan refleksi yang berdasarkan hasil siklus I. Setelah direfleksi dilakukan siklus II untuk mengetahui hasil belajar siswa apakah meningkat dari hasil belajar siswa pada siklus II seperti yang diharapkan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Model pembelajaran kooperatif type Bamboo Dancing (Tari Bambu) dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Ekonomi IPS Terpadu pada kelas X-1 SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Dimana pada tindakan kelas siklus I terjadi peningkatan hasil belajar yakni dari jumlah 35 siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Gorontalo Utara, yang mencapai hasil belajar dengan kategori tuntas berjumlah 21 orang (60%) dan mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hasil pengamatan observasi awal yakni siswa yang mencapai nilai tuntas masih berjumlah 10 orang (28,6%). Kemudian pada tindakan kelas siklus II terdapat 33 orang (94%) yang mendapat hasil belajar dengan kategori tuntas namun masih terdapat 2 orang (6%) yang mendapat hasil belajar dengan kategori tidak tuntas. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hasil belajar siklus I. Peningkatannya yaitu sebanyak 12 orang atau sebesar 34%.
Kata Kunci: Bamboo Dancing (Tari Bambu), Hasil Belajar.
Download berkas