Penulis / NIM
MUHAMAD LALANG ULMAWAN / 911412078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Muhamad Lalang Ulmawan, 2016. Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 6 Gorontalo . SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hamzah Yunus, M.Pd. Pembimbing II Roy Hasiru S.Pd, M.Pd.
Adapun tujuan penelitian ini yang hendak dicapai ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa terutama siswa yang berada di SMP Negeri 6 Gorontalo. Jenis penelitian yang dipergunakan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Metode deskriptif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran suatu realitas sosial tertentu, dimana informasi mengenai hal tersebut sudah ada meskipun tidak terperinci dan lengkap..
.
Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut : Analisis regresi digunakan bila ingin mengetahui bagaimana variabel dependen/criteria dapat diprediksikan melalui variabel independen atau predicator.Dampak dari analisis regresi dapat digunakan untuk memutuskan apakah naik dan menurunnya variabel dependen dapat dilakukan dengan menaikan atau menurunkan variabel independen.Untuk analisis ini regresi antara variabel X dan Y maka digunakan rumus persamaan regresi linier sederhana. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian, dapat disimpulkan bahwa kreativitas mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 6 Gorontalo. Dengan kata lain semakin tinggi kreativitas mengajar seorang guru, maka akan berdampak positif pada prestasi belajar siswa.
Kata Kunci : Kreativitas Mengajar Guru Berpengaruh Secara Signifikan Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 6 Gorontalo.
Download berkas