Penulis / NIM
LISNA RAHMAN / 911412082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
HERWIN MOPANGGA, SE, M.Si / 0024037803
Abstrak
ABSTRAK
Lisna Rahman. Nim: 911 412 082. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMA Prasetya Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Dr. Hamzah Yunus M.Pd selaku Pembimbing I dan Pembimbing II dengan Bapak Herwin Mopangga SE, M.Pd
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: "Seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SMA Prasetya Gorontalo?".
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel 59 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan angket.
Sebagai kesimpulan dari penelitian adalah persamaan regresi yaitu =20.58 + 0.79X. Hal ini berarti setiap perubahan sebesar satu unit pada variabel X (LingkunganSekolah) maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y sebesar 0.79 unit yaitu Motivasi Belajar Siswa, dan hal ini berarti setiap terjadi perubahan satu unit pada indikator Lingkungan Sekolah maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata indikator Motivasi Belajar Siswa. (2) pengujian linieritas persamaan regresi diperoleh harga Fhitung = 1.11 sedangkan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh Fdaftar = 1.87. Ternyata harga Fhitung lebih kecil dari harga Fdaftar, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi hasil perhitungan data penelitian ini berbentuk linier. (3) pengujian keberartian atau signifikan persamaan regresi diperoleh harga Fhitung =28,25 dan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh harga Fdaftar = 3,51. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa
Kata Kunci :Lingkungan sekolah, motivasi belajar siswa.
Download berkas