Penulis / NIM
SRINOVANTI B. MUKDIN / 911412084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FAHRUDIN ZAIN OLILINGO, SE., M.Si / 0028105805
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Srinovanti B. Mukdin.Nim: 911 412 084. MeningkatkanHasilBelajarSiswaPada Mata PelajaranAkuntansiKelas XI IPS2Menggunakan Model PembelajaranCooperative Learning Di SMA PrasetyaGorontalo.Skripsi, Program StudiPendidikanEkonomi, JurusanPendidikanEkonomi, FakultasEkonomiUniversitasNegeriGorontalo. DibimbingolehBapakDr.Fachrudin Z. Olilingo, SE.,M.SiselakuPembimbing IdanPembimbing IIBapakRustamTohopi, S.Pd.,M.Si
Penelitianinidilaksanakanberdasarkanrumusanmasalah: "Apakahmelalui model pembelajaranCooperative Learning dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranakuntansi di kelas XI IPS2 di SMA PrasetyaGorontalo?".
Hipotesispenelitian yang digunakanadalahjikamenggunakan model pembelajaranCooperative Learning makahasilbelajarsiswakelas XI IPS2akanmeningkatdari 43% menjadi 80%. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di SMA PrasetyaGorontalo, denganobjekpenelitianadalahsiswakelas XI IPS2 yang berjumlah 23 orang siswa yang terdiridari 10 Laki-Lakidan 13 Perempuan. Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus.
Sebagaikesimpulandaripenelitianadalahvariabel output daripenelitianiniberupapeningkatanhasilbelajarsiswakelas XI IPS2 yang memperolehnilai 75 keataspadamatapelajaranakuntansidari 43% menjadi minimal 80%. Berdasarkanhasilpenelitianyang telahdilaksanakanselama 2 siklusbahwaterdapatpeningkatanhasilbelajarsiswamelalui model pembelajaranCooperative Learningpadamatapelajaranakuntansikelas XI IPS2 di SMA PrasetyaGorontalo. Hal inidapatdilihatmengalamipeningkatandarisiklus 1 kesiklus 2, padasiklus 1 siswa yang tuntasdenganpresentase 39% dansetelahdilakukanpenyempurnaanpadasiklus 2 telahmengalamipeningkatandenganpresentase 82,60% siswa yang tuntas. Sehinggapenelitianinidapatditerima.
Kata Kunci :HasilBelajar, Model PembelajaranCooperative Learning.
â
Download berkas