Penulis / NIM
JUMARDIN / 911412086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
Jumardin, 2016. Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 4 kota gorontalo. Pembbimbing ibu Hj. Irawati Abdul, SE, M.Si dan bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik uji regresi linear sederhana.
Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi pedagogik guru belajar terhadap motivasi belajar siswa. Ini didasarkan pada hasil pengujian secara statistika yang memberikan nilai t-hitung untuk variabel kompetensi belajar siswa yang lebih besar dari nilai t-tabel sehingga Ho ditolak. Setiap terjadi peningkatan kompetensi pedagogik guru maka akan di ikuti peningkatan motivasi belajar siswa. Ini menunjukkan bahwa baik buruknya kompetensi pedagogik guru dikelas sangat menentukan motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi pedagogik guru mempunyai pengaruh yang positif atau signifikan terhadap motivasi belajar siswa. oleh peneliti, Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, hendaknya guru mampu mengelolah pembelajaran serta memperhatikan faktor lain yang bisa mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa dalam menerima materi sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai.
Kata kunci : Kompetensi Pedagogik Guru Dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas