Penulis / NIM
SITY DHEA SEPTANIA TANGAHU / 911412095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Sity Dhea Septania Tangahu. Nim 911412095. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah dan Metode Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. H. Usman Moonti, M.Si (Pembimbing I) dan Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag (Pembimbing II).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam perbandingan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbandingan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS terpadukelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango?.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango", dinyatakan terbukti dan diterima secara ilmiah. Hal ini sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis bahwa thitung berada diluar daerah penerimaan Ho, sehingga Ho ditolak dan HA diterima, yang berarti terjadi perbedaan dalam hal hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan metode pembelajaran berbasis masalah dengan kelas yang menerapkan metode pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Berbasis Masalah, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Siswa
Download berkas