Penulis / NIM
RASYIKA ANSAR ANOEZ ALAMRI / 911412098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Rasyika A. A. Alamri. NIM 911 412 098. 2012. "penerapan pendekatan saintfik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di Madrasah Aliyah Alkhairaat Gentuma Raya Kab. Gorontalo Utara". Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintfik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi dalam dua siklus dan masing-masing dilaksanakan dua tahapan. Subjek penelitian dikelas X IIS berjumlah 9 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa setelah dilakukan tindakan kelas melalui "penerapan pendekatan saintfik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di Madrasah Aliyah Alkhairaat Gentuma Raya Kab. Gorontalo Utara" dari siklus I kesiklus II yaitu dari 60% menjadi 88% atau rata-rata kelas 73,25% pada siklus I menjadi 81,6% pada siklus II. sehingga hipotesis yang berbunyi "jika digunakan pendekatan saintifik dalam pelajaran ekonomi di kelas X IIS Madrasah Aliyah Alkhairaat Gentuma Kabupaten Gorontalo Utara maka hasil belajar siswa akan meningkat." Dapat diterima dan terbukti kebenarannya.
Kata kunci : hasil belajar, pendekatan saintifik
Download berkas