SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMIN PANIGORO / 911412100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK Rahmin Panigoro. 911412100. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Model Pembelajaran TIME TOKEN Di Kelas X IPS3 SMA Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo". Skripsi Prodi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo 2017. Pembimbing 1 Ibu Hj. Irawati Abdul, SE, M.Si dan Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS3 SMA Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan model pembelajaran Time Token pada mata pelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali siklus. Teknik analisis datanya adalah deskriptif presentasi. Hasil analisis pada siklus I menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang dikenai tindakan yakni 25 siswa terdapat 7 siswa atau 28% yang memperoleh nilai 75 ke atas, sedangkan 18 siswa atau 72% merupakan nilai dibawah 75. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II, dimana 21 dari 25 siswa atau 84% dinyatakan tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS3 SMA Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo pada mata pelajaran Ekonomi dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternative dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi:" Jika guru menggunakan model pembelajaran Time Token, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dikelas X IPS3 SMA Negeri 1 Kabupaten Gorontalo akan meningkat", dinyatakan diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar, Penerapan Model Pembelajaran Time Token
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011