Penulis / NIM
DELSY MANTULANGI / 911412104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Pembimbing 2 / NIDN
BOBY RANTOW PAYU, S.Si, ME / 0022088302
Abstrak
ABSTRAK
Delsy Mantulangi, Nim 911412104 "Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di Sekolah SMK Almamater Telaga ". Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Di bawah bimbingan Ibu Hj. Irawati Abdul, SE,MS.i selaku pembimbing I dan Bapak Boby Rantow Payu, S Si,ME selaku pembimbing II.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana "Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di Sekolah SMK Almamater Telaga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 20 orang siswa, dari populasi dilakukan pengambilan sampel sebesar 20 orang siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas data, uji rehabilitas data dan uji normalitas data. Sesuai dengan metode penelitiannya, maka data yang di peroleh dari penyebaran angket yang di analisis secara statistik.
Hasil analisis yang telah dilakukan terhadap siswa Kelas XI SMK Almamater Kabupaten Gorontalo menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa. Koefisien regresi dari variabel X yang bertanda positif menunjukkan semakin baik tingkat kedisiplinan yang dimiliku oleh siswa maka akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Hasil pengujian secara statistika juga menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa. Adapun besar pengaruh dari kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 60,2% dan sisanya sebesar 39,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas