Penulis / NIM
LILIS DUNGGIO / 911412105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
Lilis Dunggio. 911 412 105. 2019 skripsi dengan judul " Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di Smp Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango tahun pelajaran 2018/2019. Program studi S1 pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Tata Niaga Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Dr. H. Usman Moonti, M.Si selaku pembimbing I dan Melizubaida Mahmud S.Pd, M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran koopeartif tipe group Investigation ( GI) pada mata pelajaran IPS ekonomi di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) tipe Group Investigation (GI) yang dibagi dalam dua siklus dan masing " masing siklus dilaksanakan 1 kali pertemuan untuk siklus I, dan 1 kali pertemuan untuk siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Group Investigation (GI) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 70,55% dan siklus IIsebesar 89,65% sehingga terjadi peningkatan sebesar 19,10%.
Kata kunci : Metode Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar
Download berkas