Penulis / NIM
GUSTIN HASAN / 911412108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Gustin Hasan, Nim 911 412 108 "Uji Komparatif Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Cooperatative Tipe Integrated Reading Coomposition (CIRC) Dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPS-Ekonomi Kelas VII SMP Negeri 1 Bulango Utara Tahun 2016/2017". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Melizubaida Mahmud, S.Pd, M.Si selaku pembimbing I dan pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Uji Komparatif Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Cooperatative Tipe Integrated Reading Coomposition (CIRC) Dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together (NHT). penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis perbandingan dua rata-rata, sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara dua kelas yang menggunakan metode belajar ini.Hasil ini didukung dengan nilai post test yang didapat dari hasil pengamatan dimana untuk kelas yang menggunakan metode CIRC, rata-rata hasil belajar adalah sebesar 83,54. Sedangkan untuk kelas yang menggunakan metode NHT, diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 82,59. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa kedua metode tersebut memberikan dampak yang relatif sama terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran Cooperatative Tipe Integrated Reading Coomposition (CIRC) Dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together (NHT).
Download berkas