SKRIPSI

Penulis / NIM
SAPRI / 911412110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 DUNGALIYO KABUPATEN GORONTALO SKRIPSI Diajukan Sebagai Persyaratan Mengikuti Ujian Sarjana Program Studi Pendidikan Ekonomi OLEH SAPRI 911412110 PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN EKONOMI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO 2016 ABSTRAK Sapri. 2016 Pengaruh metode discovery learning terhadap hasil belajar sisa di Sma Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Pembimbing II Drs. Rusli Isa, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai Pengaruh metode discovery learning terhadap hasil belajar siswa di Sma Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Dalam penelitian ini dilibatkan seluruh siswa kelas X di Sma Negeri 1 Dungaliyo sebagai objek penelitian. Seluruh siswa kelas X di Sma Negeri 1 Dungaliyo sebagai objek penelitian yang berjumlah 209 orang menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 42 orang sebagai sampel yang penarikan sampelnya menggunakan Proposional random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode discovery learning terhadap hasil belajar siswa di Sma Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Hal tersebut terlihat dari uji hipotesis didapatkan hasil bahwa nilai thitung sebesar 8,080 dengan tingkat signifikan 0.000 sedangkan nilai ttabel adalah pada = 0.05 adalah 0.000. Jadi nilai thitung > ttabel atau < 0.05 artinya bahwa Metode pembelajaran Discovery Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Kemudian dapat pula dilihat dari nilai koefisien determinasi ditemukan bahwa nilainya sebesar 0,620 atau dengan kata lain sebesar 62,0% variabilitas Hasil Belajar Mata pelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo dapat dipengaruhi oleh Metode pembelajaran Discovery Learning. Hal ini pula menunjukan bahwa dalam memaksimalkan Metode pembelajaran Discovery Learning tentunya dampaknya pada hasil belajar dari siswa yang akan semakin baik pula Kata Kunci : Metode Discovery Learning dan Hasil Belajar Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011