SKRIPSI

Penulis / NIM
SELIN MOODUTO / 911412112
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
FRAHMAWATI BUMULO, SE.,M.Si / 0031127801
Abstrak
ABSTRAK Selin Mooduto. 911 412 112. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Diskusi Dan Metode Active Debate Di Sma Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Ibu Frahmawati Bumulo, SE.,M.Si Peningkatan hasil belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh peranan guru dalam mengelolah pembelajaran. Guru harus dapat memilih metode pembelajaran yang cocok untuk materi yang akan diajarkan karena metode yang baik dalam menyampaikan materi akan menambah minat siswa untuk memperhatikan materi yang disampaikan. Dengan memperhatikan metode yang ada dan sesuai dengan materi yang diajarkan tentunya akan mempengaruhi minat siswa dalam belajar yang implikasinya pada hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Penggunaan Metode Diskusi Dan Metode Active Debate di SMA Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini yani eksperimen sehingga sebelum mendapatkan data peneliti melakukan kegiatan eksperimen yakni mengajar dengan 2 metode pembelajaran yakni metode pembelajaran diskusi dan active debate pada mata pelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tingkat kepercayaan 99%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi "hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Diskusi tidak sama nilainya dengan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Pembelajaran Active Debate (Debat Aktif) pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas X Akuntasni SMA Negeri 1 Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango. rata-rata Metode Pembelajaran Diskusi yang lebih besar dari Metode Pembelajaran Active Debate (Debat Aktif) (82,52 > 78,07). Hal ini karena Metode Pembelajaran Diskusi memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan Metode Pembelajaran Active Debate (Debat Aktif). Kata Kunci: Diskusi, Active Debate, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011