Penulis / NIM
ASTUTI BASIRU / 911412116
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Astuti Basiru. 911412116. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X AKL-3 SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti, M.Si dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Dasar melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning di Kelas X SMK Negeri 1 Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini diawali dengan observasi awal, kemudian dilakukan pemberian tindakan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini berjumlah 33 siswa, laki-laki berjumlah 13 orang siswa dan perempuan berjumlah 20 orang siswa di kelas X.
Hasil menujukan bahwa : penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Dasar di Kelas X AKL-3 SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil evaluasi setiap siklus, dimana siklus I menujukan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa yang telah dilakukan tindakan dari 33 orang siswa terdapat 24 orang siwa atau dengan presentase 72.73% yang memperoleh nilai 75 ke atas, dan pada siklus II yang memperoleh nilai di atas 75 meningkat menjadi 29 orang siswa atau dengan presentase 87.88%. Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning memiliki dampak yang positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, dapat diterima.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas