Penulis / NIM
SISKAWATY KIAYI / 911412118
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
FRAHMAWATI BUMULO, SE.,M.Si / 0031127801
Abstrak
ABSTRAK
Siskawati Kiayi, Nim 911 412 118 "Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolang Provinsi Gorontalo Tahun 2016/2017". Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd dan Ibu Frahmawati Bumulo, SE, M,Si selaku pembimbing I dan pembimbing II.
Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi padaKelas X yang Dibelajarkan Menggunakan Media Pembelajaran LCD (Liquid Crystal Display) dan Kelas yang Dibelajarkan dengan Menggunakan Media Gambar di SMA Negeri 1 Bonepantai ; 2) Pengaruh Interaksi Antara Media Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Bonepantai ; 3) Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Memiliki Motivasi Belajar Tinggi yang Dibelajarkan Dengan Menggunakan Media Pembelajaran LCD (Liquid Crystal Display)dengan Siswa yang Dibelajarkan Dengan Menggunakan Media Gambar pad amata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Bonepantai ; 4) Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Memiliki Motivasi Belajar Rendah Yang Dibelajarkan Dengan Menggunakan Media LCD(Liquid Crystal Display) Dengan Siswa Yang Dibelajarkan Dengan Menggunakan Media Gambar pada mata pelajaran ekonomi.
Penelitian in imenggunakan metode eksperimen, melibatkan 3 variabel yaitu media pembelajaran yang terdiridari media pembelajaran LCD dan media pembelajaran gambar sebagai variable bebas, motivasi belajar siswa yang dikelompokan menjadi motivasi belajar tinggi dan rendah sebagai variabel atribut, dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis varians dua jalur (ANAVA 2x2). Populasi adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bonepantai, sampel yang diambil sebanyak 60 orang.
Hasil penelitian menemukan : (1) siswa yang diajar dengan media pembelajaran LCD memperoleh hasil belajar lebih tinggi di bandingkan dengan media pembelajaran gambar pada mata pelajaran ekonomi; (2) Tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi; (3) siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, memperoleh hasil belajar yang tinggi jika di ajar dengan media pembelajaran LCD di bandingkan jika di ajar dengan media gambar pada mata pelajaran ekonomi; (4) siswa yang memiliki motivasi belajar rendah memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi jika di ajar dengan menggunakan media pembelajaran LCD di bandingkan jika di ajar dengan media Gambar pada mata pelajaran ekonomi.
Kata kunci : Media Pembelajarn LCD dan Gambar, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas