Penulis / NIM
RIRIN TRIANA ANDANI / 911412130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
DJOKO LESMANA RADJI, S.Pd, M.Si / 0030017901
Abstrak
ABSTRAK
Ririn Triana Andani, Nim 911412130 "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMK Negeri 1 Gorontalo" (di bawah bimbingan bapak Dr.Muhammad Amir Arham, M.E dan bapak Djoko Lesmana Radji, S.Pd, M.Si) Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo 2016.
Penelitian ini bertempat di SMK Negeri 1 Gorontalo yang berlangsung selama 3 minggu yakni dari minggu ke 3 bulan November sampai dengan minggu Pertama bulan Desember 2015. Adapun populasi sebanyak 211 yang terdiri dari jumlah laki-laki 63 orang siswa dan jumlah Perempuan 148 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Angket yang diperoleh dari responden. Untuk penelitian ini menggunakan uji validitas dan realibilitas dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi.
Sebagai kesimpulan dari pelaksanaan penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara variabel X (model pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournaments) terhadap variabel Y (Aktivitas Belajar Siswa) di SMK Negeri 1 Gorontalo. Dari Hasil perhitungan koefisien regresi Y =a+bX diperoleh persamaan Y dan X yaitu Y =37,32+0,46X. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan (penurunan atau peningkatan) sebesar satu unit pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT, maka akan diikuti oleh perubahan (penurunan atau peningkatan) rata-rata sebasar 0,46% unit variabel Y.
Sedangkan untuk hasil uji keberartian koefisien korelasi diperoleh harga t_(hitung )sebesar 14,4 dan daftar distribusi t pada taraf nyata 5%(=0,005) diperoleh t_(daftar )=2,02, dari hasil tersebut diperoleh t_(hitung ) lebih besar dari t_(daftar ) atau harga t_(hitung ) telah berada di luar penerimaan H_(0 )sehingga korelasi diatas benar-benar signifikan.
Kata Kunci : Model pembelajaran Kooperatif TGT dan Aktivitas belajar siswa
Download berkas