Penulis / NIM
DEWI VANA DJAKO / 911412145
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
DEWI VANA DJAKO. Nim 911 412 145. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VIII-G Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Tataniaga Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato., M.Pd. dan Pembimbing II Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si.
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk lebih meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII-G SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango melalui penggunaan model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI).
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan berdasarkan pada hasil survey yang telah dilaksanakan oleh peneliti pada bulan November 2015 dengan subjek penelitian di kelas VIII-G berjumlah 30 orang laki-laki 12 orang dan perempuan 18 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses dan output. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk mengamati kegiatan guru dan kegiatan siswa, serta lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas belajar siswa serta data hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi: jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII-G di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango maka hasil belajar siswa dapat meningkat, dapat diterima karena didukung dengan hasil belajar siswa pada tahap observasi awal hanya 43,33% setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 56,67% dan setelah dilaksanakan siklus II meingkat menjadi 86,67%.
Kata kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Team Assisted Individualization.
Download berkas