Penulis / NIM
SRIYATY S. PAKO / 911412146
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD AMIR ARHAM, M.E. / 0025077203
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Implementasi Metode Latihan (Drill) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 26 orang siswa yang diambil dengan menggunakan teknik stratafied random sampling pada 4 kelas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Angket/Kuesioner, dan Dokumentasi yang diperoleh dari responden. Untuk penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif implementasi metode latihan (drill) terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: dimana nilai Constant didapatkan sebesar 35,31 ini berati jika tidak ada kontribusi dari variabel Metode Latihan/Drill, maka variabel hasil belajar siswa secara rata-rata 35,31. Sedangkan nilai kontribusi variabel Metode Latihan/Drill terhadap variabel hasil belajar siswa sebesar 0,44, artinya jika terjadi peningkatan satu satuan pada variabel Metode Latihan/Drill akan diikuti oleh peningkatan nilai variabel hasil belajar siswa sebesar 0,44 kali satuan. Sedangkan dari hasil uji keberartian koefisien korelasi bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh positif implementasi metode latihan (drill) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi akuntansi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango dinyatakan diterima.
Kata Kunci : Metode Latihan (Drill) dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas