Penulis / NIM
HARIYATI HUNTA / 911412152
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
HERWIN MOPANGGA, SE, M.Si / 0024037803
Abstrak
ABSTRAK
Hariyati Hunta, Nim 911412152 "Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di Smp Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bonebolango Provinsi Gorontalo" Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2016 Pembimbing I Dr. Hamzah Yunus, M. Pd dan Herwin Mopangga, SE. M. Si Selaku Pembimbing II.
Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di Smp Negeri 1 Botupingge kabupaten bonebolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bonebolango berada pada kategori yang baik. Sementara berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bonebolango. Dapat pula dilihat nilai pengaruhnya yakni sebesar 68,1% dengan koefisien regresi yang positif, sehingga dapat dikatakan bahwa ketika motivasi yang dirasakan oleh siswa semakin kuat dan besar maka prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Botupingge Kabupaten Bonebolango akan semakin baik pula.
Kata Kunci : Motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa
Download berkas