SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAWATI LAGALUTU / 911412155
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK Rahmawati Lagalutu, Nim 911 412 155. " Meningkatkan Hasil Belajar siswa Pada Mata Pelajaran ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And explaining Di Kelas XI IPS2 Sma Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo". Skripsi Program Studi S1 Pendidikan ekonomi, Jurusan Pendidikan ekonomi, Fakultas ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah "Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Student Faciltator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1Limboto Kabupaten Gorontalo. Hipotesis Penelitian adalah "Jika menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas XI IPS2 SMA Negeri 1 limboto Kabupaten Gorontalo akan meningkat". Dengan indikator penelitian : dimana bila siswa yang memperoleh hasil belajar 75 diharapkan meningkat dari 46.67% menjadi 75%. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPS2 yang berjumlah 30 orang siswa pada aspek kognitif yang dinilai, hanya mencapai 46,67 %. Sementara pada saat dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 60 %, hal ini masih belum sesuai dengan indikator capaian yakni KKM 75% sehingga setelah dilakukan tindakan siklus II maka kenaikan persentasenya sangat memuaskan yakni mencapai 80 %, dan hal ini tidak memerlukan tindakan siklus III. Berdasarkan keseluruhan hasil belajar yang telah dicapai dari kegiatan observasi awal, siklus I hingga siklus II menunjukkan dengan jelas bahwa penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining sebagai salah satu metode pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPS2 SMA Negri 1 Limboto. Kata Kunci : Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011