Penulis / NIM
TRI WAHYU KHOTIMAH / 911412156
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Tri Wahyu Khotimah, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar IPS terpadu dengan menggunakan Model Examples non Examples Pada Siswa Kelas VII1 SMP Negeri 14 Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi , Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Usman Moonti, M. Si, pembimbing II Rustam Tohopi, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembentukan muka bumi melalui penerapan Model Examples non Examples Pada Siswa Kelas VII1 IPS Terpadu SMP Negeri 14 Gorontalo. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII1 Dengan Jumlah siswa yang diberikan tindakan selama penelitian sebanyak 30 orang. Yang terdiri dari 13 siswa Laki-Laki 17 siswa perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi dan pemberian tes pada akhir siklus pembelajaran.
Berdasarkan hasil tindakan pada siklus I, diperoleh rata-rata kemampuan sebesar 74,66 %, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83 %. Karena terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam ranah kognitif siswa, maka penelitian diakhiri pada siklus II. Oleh karena itu maka hasil belajar siswa pada siklus II sudah mencapai Indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Examples non Examples.
Kata kunci : Examples non examples, Hasil Belajar
Download berkas