Penulis / NIM
LARASWATI RADJAK / 911412157
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
IVAN RAHMAD SANTOSO, SE.I, MSI / 0002098302
Abstrak
ABSTRAK
Laraswati Radjak, 911412157 "Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango" Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2016. Pembimbing I Meyko Panigoro , S.Pd, M.Pd dan Ivan R. Santoso, SEI, MSI selaku Pembimbing II, dan Penguji I Badriyyah Djulla S.Pd, M.Pd dan Penguji II Herwin Mopangga SE, M.Si
Pendekatan inkuiri adalah suatu metode pembelajaran yang berpusat pada siswa, dimana guru hanya bersifat Pembimbing dan Fasilitator.
Tujuan Penelitian ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan Metode Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu angket/kousioner sebanyak 30 pertanyaan sesuai indikator pendekatan inkuiri dan 15 pertanyaan sesuai indikator hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel yang diungkapkan oleh Arikunto (2002) yakni sebesar 25%. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 48
Y= 25,546+0.511X. Menunjukkan bahwa nilai konstanta sebesar 25,546 ini berarti bahwa penggunaan pendekatan inkuiri terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Penggunaan pendekatan inkuiri terhadap hasil belajar siswa
Download berkas