Penulis / NIM
NAHRISA LIBRIAWATI / 911412158
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
NAHRISA LIBRIAWATI. Nim: 911 412 158. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Bekajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Kelas XI IPS SMA Prasetya Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd selaku Pembimbing I dan Pembimbing II Ibu Meyko Panigoro, S.Pd.,M.Pd
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: "Apakah motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas XI IPS SMA Prasetya Kota Gorontalo?".
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi dikelas XI IPS SMA Prasetya Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket/kuesioner sebanyak 30 butir soal/pertanyaan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel yang diungkapkan oleh Arikunto (1998:131) yakni apabila jumlah subjek yang diteliti kurang dari 100, maka lebih baik diambil semuanya sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi.
Hasil penelitian dengan analisis persamaan regresi linear sederhana = 35.80 + 0.16575 X menunjukkan bahwa nilai konstanta sebesar 35.80 ini berarti bahwa motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Hasil Belajar
Download berkas