Penulis / NIM
SEPTIAN ANDRI ANTIBE / 911413011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Septian Andri Antibe. 2017.Persepsi Guru Tentang Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina Popoi,M.Pd. Pembimbing II Melizubaida Mahmud,S.Pd.,M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk (1). mendeskripsikan persepsi guru tentang implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelaran di SMA Negeri 1Telaga. (2). Mendeskripsikan kendala dan solusi dari guru SMA Negeri 1 Telaga dalam mengimplementasi Kurikulum 2013. (3). Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Telaga.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Sampel dari penelitian ini adalah guru di SMA Negeri 1 Telaga yang telah mengikuti pelatihan dan pembekalan tentang kurikulum 2013. Pengumpulan Data dilakukan melalui observasi partisipatif pasif (passive participation), wawancara mendalam (in dept interview), dan studi dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan mengggunakan Triangulasi sumber triangulasi teknik dan bahan referensi. Digunakan untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama, dan pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber data yg sama serta bahan pendukung untuk membuktikan keabsahan data yang telah ditemukan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaksi (interactive analysismodels).
Hasil penelitian adalah (1) persepsi guru positif hal ini ditunjukkan dengan pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Telaga yang telah berjalan efektif, guru telah sepenuhnya paham tentang pembelajaran dengan kurikulum 2013 karena telah mendapatkan pelatihan yang cukup, guru telah menggunakan Scientific Approach dalam pembelajaran dengan menggunakan metode inquiry, discovery learning, dan problem Based Learning. (2) Kendala guru adalah kendala teknis dan non teknis. Solusi kendala teknis adalah menyusun sendiri materi ajar dari berbagai sumber sesuai pedoman kurikulum 2013 dan membuat media pembelajaran sendiri, sedangkan solusi untuk kendala non teknis adalah tidak terlalu banyak mencantumkan aspek penilaian dan menerapkan beberapa model pembelajaran sekaligus. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Telaga adalah kualitas guru, diklat (pendidikan dan latihan) dan ketersediaan sumber belajar
Kata kunci : Persepsi, Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran
Download berkas