Penulis / NIM
MALA N. KATILI / 911413015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 PAGUAT
KABUPATEN POHUWATO
Mala katili1), Dr. H. Usman Moonti, M.Si2),
Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag2)
1)Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi,
2)Dosen Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo 96128
ABSTRAK
Mala Katili. 911 413 015. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato. Program Studi S1 pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah bimbingan Bapak Dr.H.Usman Moonti, M.Si dan Bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif sampel dalam penelitian sebanyak 55 orang.
Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner atau angket dengan skala likert dan dokumentasi kepada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato.
Metode analisis yang digunakan adalah analsisi regresi sederhana. Validitas yang digunakan adalah korelasi pearson yang menunjukkan instrumen tersebut valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan indeks reliabilitas 0,266 untuk instrumen Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah (X) sedangkan untuk instrumen Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Y) dilihat dari hasil belajar siswa berupa nilai raport pada mata pelajaran ekonomi.
Sebelum dilakukan anilsis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data yang menunjukkan data variabel X dan Y berdistribusi normal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh 92,16% variasi yang terjadi pada variabel X (Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah) dapat dijelaskan oleh variabel Y (Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi), dan sisanya 7,84% diduga dipengaruhi oleh fator lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Ini berarti bahwa Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah berpengaruh positif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato.
Kata kunci: Perpustakaan Sekolah, Hasil belajar siswa.
Download berkas