SKRIPSI

Penulis / NIM
MALA N. KATILI / 911413015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 PAGUAT KABUPATEN POHUWATO Mala katili1), Dr. H. Usman Moonti, M.Si2), Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag2) 1)Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, 2)Dosen Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo 96128 ABSTRAK Mala Katili. 911 413 015. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato. Program Studi S1 pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah bimbingan Bapak Dr.H.Usman Moonti, M.Si dan Bapak Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif sampel dalam penelitian sebanyak 55 orang. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner atau angket dengan skala likert dan dokumentasi kepada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato. Metode analisis yang digunakan adalah analsisi regresi sederhana. Validitas yang digunakan adalah korelasi pearson yang menunjukkan instrumen tersebut valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan indeks reliabilitas 0,266 untuk instrumen Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah (X) sedangkan untuk instrumen Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Y) dilihat dari hasil belajar siswa berupa nilai raport pada mata pelajaran ekonomi. Sebelum dilakukan anilsis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data yang menunjukkan data variabel X dan Y berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh 92,16% variasi yang terjadi pada variabel X (Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah) dapat dijelaskan oleh variabel Y (Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi), dan sisanya 7,84% diduga dipengaruhi oleh fator lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Ini berarti bahwa Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah berpengaruh positif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Paguat Kabupaten Pohuwato. Kata kunci: Perpustakaan Sekolah, Hasil belajar siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011