Penulis / NIM
ROLAND AGE / 911413020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
Roland Age Nim 911 413 020 "Penerapan Model Pembelajaran SAVI ( Somatik, Auditori, Visual, Intelektual) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs Al-Khairaat Paguat Kabupaten Pohuwato". Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. H. Rosman Ilato., M.Pd dan Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si.
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui penerapan model pembelajaran SAVI (somatik, auditori, visual, intelektual) pada Kelas VIII Zaid Bin Tsabit di MTs Al-Khairaat Paguat.
Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 20 orang siswa dengan 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan di Kelas VIII Zaid Bin Tsabit. Pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Hasil analisis pada siklus I yaitu menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa yang dikenai tindakan dari 20 orang siswa terdapat 7 orang siswa (35%) memperoleh nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas 73,25. Presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II dimana 20 orang siswa yang dikenai tindakan yang mencapai ketuntasan adalah 18 orang siswa (90%) memperoleh nilai >70 dan 2 orang sisanya (10%) memperoleh nilai kurang dari
Download berkas