Penulis / NIM
SISKA OKTAFYANTI ISMAIL / 911413025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Abstrak
ABSTRAK
Siska Oktafyanti Ismail. 2019. Nim 911 413 025 .Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Muhammadiyah Pone Kabupaten Gorontalo.Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Usman Moonti. M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Hj. Salma A Bowtha. S.Pd.M.Pd, selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Terdapat Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Muhammadiyah Pone Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik regresi sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 orang siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Muhammadiyah Pone Kabupaten Gorontalo.Variabilitas Status sosial ekonomi orang tua menjelaskan hasil belajar sebesar 49.5% yang menunjukan bahwa dengan meningkatnya status sosial ekonomi orang tua maka akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pone Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci : Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas