Penulis / NIM
FEBRIANTI A. POLUTU / 911413026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Dra. Ha. SRI ENDANG SALEH, M.Si / 0013096708
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
ABSTRAK
Febrianti A. Polutu. NIM 911413026. 2017. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran THINK PAIR SHARE Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII-A Di SMP NEGERI I Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Dra. Hj. Sri Endang Saleh, M.Si. Pembimbing II : Rustam Tohopi, S.Pd,.M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran IPS kelas VIII-A di SMP Negeri I Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas tipe TPS yang dibagi dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Bongomeme Kabupaten Gorontalo dengan karakteristik subjek penelitian adalah kelas VIII-A dengan jumlah siswa 23 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada observasi awal 11 orang (47.83%) yang memperoleh nilai >75, pada siklus I naik menjadi 15 orang (65.22%) yang memperoleh nilai >75 pada tindakan siklus II, ternyata hasil belajar siswa terjadi peningkatan, yang mendapat nilai >75 berjumlah 20 orang siswa (86.96%) dengan demikian penggunaan model Thing Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya kelas VIII-A di SMP Negeri I Bongomeme Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran TPS
Download berkas